top of page

Mengenal Perbedaan Solar dan Bio Solar



 

Bio solar menjadi salah satu bahan bakar alternatif pengganti solar. Terdapat 3 faktor utama untuk beralih menggunakan bio solar, ditinjau dari sisi kandungan energi, kadar sulfur, dan kekuatan proses oksidasi.

 

Menurut sumber Liputan6, kendaraan dengan penggerak mesin membutuhkan bahan bakar minyak seperti solar, bensin, dan avtur. Bahan bakar tersebut berasal dari minyak bumi, sebuah sumber daya yang tidak dapat diperbarui. Melihat hal tersebut, beragam bahan bakar dan energi alternatif diciptakan oleh manusia, salah satunya biosolar. Perbedaan utama antara solar dan bio solar terletak pada bahan pembuatan serta kandungan-nya.


Apabila bakar bakar solar berasal dari fosil, maka biosolar berasal dari tanaman atau bahan nabati. Menggunakan tanaman yang mudah ditemukan dan dibudidayakan, sangat wajar jika banyak pihak meyakini biosolar merupakan solusi tepat untuk menggantikan peran bahan bakar fosil di masa mendatang.


Selain dari bahan pembuatannya, ada beberapa perbedaan solar dan bio solar yang perlu Anda ketahui seperti dilansir oleh Garda Oto, pada Selasa (9/6/2020).


1. Kandungan Energi

Dikarenakan bahan yang digunakan tidak sama, maka kandungan energi dari kedua bahan bakar tersebut juga akan sangat berbeda. Biosolar mempunyai kandungan energi yang jauh lebih rendah daripada solar.

Perbedaan tingkat kandungan energi antar keduanya berkisar mencapai angka 11 persen. Dengan kandungan energi yang lebih rendah, dapat dipastikan bahwa tenaga yang dikeluarkan oleh biosolar lebih kecil daripada penggunaan solar biasa.


2. Kadar Sulfur

Dalam kasus ini, biosolar tentu saja lebih unggul jika dibandingkan dengan solar. Selain itu, karbon dioksida yang dihasilkan juga jauh lebih rendah. Dari hasil ini, bisa kita tarik kesimpulan bahwa biosolar lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan solar.


3. Kekuatan Proses Oksidasi

Perbedaan terakhir terletak pada kekuatan proses oksidasi biosolar yang tidak sekuat solar. Kekuatan proses oksidasi yang lebih rendah mampu menyebabkan masalah pada proses penyimpanan. Masalah ini dapat mengakibatkan penyumbatan yang terjadi pada beberapa bagian mesin.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page